Sabtu, 06 Maret 2021

urdu bahasa pakistani

 

5 maret 2021

Urdu

Urdu merupakan Bahasa nasional negara Pakistan urdu adalah bahasa yang digunakan orang Pakistani dalam kehidupan sehari hari selain Bahasa Urdu mereka juga memiliki Bahasa daerah yang bermacam-macam antara lain pustho,Kashmiri Dlltapi kali ini aku akan membahas Bahasa Urdu .Penulisan bahasa Urdu hamper mirip dengan Bahasa Arab hanya pengucapannya berbeda dengan bahasa Arab


   contoh di atas adalah alphabett bahasa urdu sedangkan Hindi serti ini:


sangat berbeda kan?


Aku sendiri senang belajat Bahasa salah satunya Bahasa Urdu sebenarnya aku bisa suka dengan Bahasa Urdu karena  awalnya aku suka lagu serial dan film india dan awalnya  aku kira Bahasa Hindi (India) itu sama dengan Bahasa Pakistani (Urdu) ternyata itu salah dari segi pengucapan hamper sama tapi terkadang arti berbeda ,ada juga pengucapan sama dengan arti yang sama.

        Hanya yang membedakan adalah penulisannya jika Hindi menggunakan Devanagari sedangkan urdu tulisan hampir mirip Arab . dan setelah itu aku mencoba mencari orang grup yang mempelajari Bahasa Urdu tersebut

Sampai saat ini kemampuanku belum seperti mereka yang sudah Expert wkwkwkwk,,,,aku baru bisa sedikit saja mulai merangkai kata dan menghafal kosata dan aku kira peminat Bahasa orang Pakistani ini sedikit.

  Ternyata peminatnya banyak alas an mereka mempelajarinya berbeda- beda ada yang berpendapat untuk berkomunkasi dengan kerabat, ibu mertua,teman dekat mereka dan ada juga yang berlajar karena hanya mereka suka bahasanya atau mereka memang suka belajar Bahasa asing

     Aku sendiri juga ada teman Pakistani hard worker sekali di aini,doa baik senang pula bisa bicara dengannya jadi terkadang dia  memperbaiki susunan kalimat yang aku maksud. Dan ada satu temanku juga dia orang India dia sudah seperti kakak bagiku aku memanggilnya dengan sebutan bhaiyya

 Bhaiyya dalam arti Bahasa Indonesia sendiri adalah kakak laki-laki,  dia selalu membuat aku tersenyum dia juga bisa sedikit Bahasa Indonesia sedikitjadi senang mengobrol bertukar Bahasa bersamanya. Tapi terakhir aku tau dia berada di Malaysia untuk bekerja

        Dia menepati janjinya yang aku sudah dianggap sebagai adiknya jika dia ingin pergi kemanapun beri tau aku terlebih dahulu dan benar saja dia memberitauku  sungguh aku terkejut padahal dia sudah berulang kali memberi tau tappi saat itu aku tidak meresponnya karena handphoneku rusak jadi sedikt sulit jika untuk beberapa aplikasi dan untuk menelpon.

Sampai akhirnya aku tau karena postingannya dia pamit pergidi situ aku merasa bersalah karena aku mengabaikan bhaiyya saat itu dan saat ini dia yang balik sulit umtuk dihubungi kalau bhaiyya melihat dan membaca ini

Kahaan ho tum bhai?  main tumse bohot yaad hai yar,kaise ho tum?main tumse baat karna chahti hun dekh main yahaan interzar keliye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mujhe Pyaar Hua Tha Aima Baig Version (translation english Language)

                                                  https://m.media-amazon.com/images/I/41A4-znl3nL.jpg Singer & Starring: Aima Baig Compo...